CAPAIAN KEGIATAN PTIP-2020 (Mobile Lab)

CAPAIAN KEGIATAN PTIP-2020 (Mobile Lab)

Wabah pandemi virus SarsCoV-2 atau yang lebih dikenal sebagai covid-19 masih berlangsung hampir di seluruh negara. Kurva peningkatan kasus positif belum menunjukkan tanda-tanda akan mendatar (flatten curve). Tercatat sudah lebih dari 12.438 orang di Indonesia terkonfirmasi positif (per 7/5), dan untuk kasus di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 3,82 juta orang. Tentu kondisi ini memerlukan tindakan pencegahan yang terukur dan cepat, kebijakan yang tepat, dan sinergi dalam berkolaborasi untuk Bersat Melawan Covid-19 dengan menghasilkan terobosan solusi untuk mendeteksi dan menangani wabah virus korona ini di Indonesia. Menyikapi kondisi pandemi yang terjadi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia (BPPT RI) yang memiliki tugas dan fungsi sebagai Penyelenggara Iptek (UU Sinas)No.11/2019) melaksanakan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (litbangjirap) ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan inovasi.

Inovasi teknologi dari Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Untuk Penanganan COVID19 yang memanfaatkan potensi lokal, dimana kita tidak bisa bergantung dengan impor terus. Bahkan seharusnya ini menjadi kekuatan ekonomi baru Indonesia. Pembangunan Mobile Lab Bio Safety Level-2 (BSL-2) untuk memperkuat ekosistem inovasi penanganan Coronavarius. Mobile BSL-2 ini pun telah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Laboratorium BSL-2 dilengkapi sejumlah peralatan yang mendukung pemeriksaan swab Covid-19, antara lain peralatan PCR untuk tes swab Covid-19, biosafety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis. Dengan adanya Mobile lab BSL-2 ini, yang merupakan wujud inovasi BPPT melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Covid-19 (TFRIC-19)

Capaian Kegiatan BPPT pada tahun 2020 telah berhasil membangun Laboratorium Keamanan Level 2 (Bio-Safety Level 2) versi pertamanya yaitu mobile dengan bangunan dasar kontainer yang dioperasikan di di RS. Moh. Ridwan Meuraksa, Versi kedua BSL-2 trailer untuk kemudahan mobilisasi pernah dioperasikan Operasional di RS. Pertamina, Plaju dan RS. Putri Hijau, Medan. Dan versi ketiganya BSL-2 Bus mampu menggantikan. Mobile BSL-2 versi Bus dilepas oleh Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Nasional dan Kepala BPPT pada 16 Desember 2020. Selanjutnya Peresmian kegiatan pengujian sample swab di UGM-Yogyakarta oleh Menristek/BRIN dan Kepala BPPT. Pada Tanggal 23 dan 27 Desember dilakukan pengujian sampel swab di Bandara Ngurah Rai - Bali  dan RS.UNIPDU -Jombang, Jawa Timur.

 

  

 

 

 

 

 

 

 

Road Show MBSL BPPT 2020

 

Tim Mobile Lab BSL2 (BSL2) Bersama dengan tim Task Force Riset Inovasi Covid-19 (TFRIC) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), telah dan akan melaksanakan berbagai aksi dalam rangka penanganan pandemi COVID-19 dengan menekankan pada penguatan testing, tracing, , dan treating (3T). Salah satu aksi yang saat ini masih diberlangsung adalah Roadshow Bakti Inovasi Teknologi Pengoperasian Mobile Laboratorium Biosafety Level - 2 (MBSL-2) varian Bus untuk pemeriksaan specimen menggunakan PCR dalam rangka detecting COVID-19 di 3 Kota yaitu Yogyakata – Prov DIY, Denpasar - Provinsi Bali dan Jombang – Prov Jawa Timur.  Dari Pusat Teknologi Industri Permesinan(PTIP-BPPT) turut dalam acara tersebut adalah : Ir. Teddy A. Lubis (Direktur PTIP sekaligus Kepala Program Mobile Lab BSL 2), Khamda Herbandono, ST. , MT. (Ass. Chief Engineer) dan Arga Malakani ST (Engineering Staff).

 

Gambar 1. Start dari Test Hall B2TKS BPPT

 

 

Gambar 2.  Launching Pemberangkatan Graha PNPB Jakarta

Mobile lab BSL2 varian bus ini berangkat dari Test Hall B2TKS Puspiptek Serpong (Gambar 1) dan kemudian dilakukan launching pemberangkatan dari Kantor Graha BNPB – Jakarta pada tanggal 16 Desember 2020. Grha Shaba Pramana Universitas Gadjamada Yogyakarta (Gambar 3) menjadi lokasi pertama kegiatan roadshow bakti inovasi pengoperasian mobile lab BSL2 varian Bus. Kegiatan roadshow di UGM ini telah sampai tanggal 19 Desember 2020, dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Provinsi Bali pada tanggal 20 Desember 2020. Saat ini mulai melakukan bakti inovasi di Bali pada tanggal 21 dan direncanakan sampai dengan tanggal 25 Desember 2020 di Bali (Gambar 4). Kegiatan roadshow ini selain menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas tentang produk inovasi teknologi tepat guna mobile laboratorium biosafety level-2 varian bus sebagai penguatan penanganan pandemi Covid-19, dengan hadirnya MBSL-2 ini pun merupakan langkah nyata dalam mewujudkan pemulihan ekonomi wisata dengan melakukan Bakti Inovasi MBSL-2 varian bus.

 Gambar 3. Bakti Inovasi mBSl2 di UGM Yogyakarta

 

Gambar 1. Bakti Inovasi mBSL2 di Denpasar Bali

 

Selanjutnya akan dilakukan bakti inovasi pengoperasian Mobile Lab BSL 2 varian Bus di Jombang provinsi Jawa Timur direncanakan Bus akan bertolak dari Bali pada tanggal 25 Desember 2020 dan berada di Jombang sampai dengan tanggal 29 Desember 2020. Jombang menjadi agenda terakhir roadshow Bakti inovasi mobile lab BSL 2 varian Bus tahun 2020.

 

Redaksi : PTIP-TIRBR-BPPT/ 24/12/2020

 

Kunjungan PTIP di PT Wikon dan PT. Wima dalam rangka kerjasama mendukung Flagship KBL

Kamis – Jum’at, 23-24 Juli 2020

Dalam rangka menjalin kerjasama dan bersinergi dengan mitra industri untuk mendukung pengembangan program kendaraan listrik berbasis baterai (Flagship KBL), staff PTIP melakukan kunjungan kerja ke WIKA Group yaitu PT. WIKA Industri Konstruksi (WIKON) dan PT.WIKA Manufaktur (WIMA). Dalam kunjungan kerja ini diikuti staff PTIP diantaranya Dr. Cuk Supriyadi Ali Nandar, ST., M.Eng.; Arifin,S.T.,M.T; Khamda Herbandono, ST., M.T.; Faisal,S.T.,M.T.; Budi Noviyantoro Fadjrin, S.T; dan Arga Iman Malakani,S.T.

Kunjungan kerja ini dibagi menjadi dua hari. Pada hari pertama dilakukan pembahasan MoU antara BPPT dengan PT.WIKA Industri Konstruksi (WIKON) di Kantor Pusat WIKON. Pada pembahasan ini dibahas beberapa pasal yang terdapat di dalam draft MoU termasuk Ruang Lingkup MoU antara BPPT-WIKON. Selain itu dalam pembahasan teknis dibahas juga potensi pengembangan sistem/komponen dalam Sepeda Motor GESITS antara PTIP-BPPT dengan WIKON seperti pengembangan Sistem Propulsi (Motor Traksi), Sistem Pengereman (Brake System), dan Suspensi.

 

Pada hari kedua, dilakukan kunjungan kerja ke Pabrik PT. WIKA Industri Konstruksi (WIKON) dan PT.WIKA Manufaktur (WIMA) untuk melihat fasilitas produksi dari Sepeda Motor GESITS. Pada kunjungan kerja ini diberikan akses untuk melihat fasilitas dan proses produksi komponen seperti chasis dan body dari Sepeda Motor GESITS yang diproduksi oleh WIKON. Selanjutnya diteruskan ke Pabrik WIMA untuk melihat proses assembly dan produk dari Sepeda Motor GESITS. Selain itu kami juga diberikan kesempatan untuk melihat produk motor traksi BLDC yang telah dikembangkan oleh WIMA dengan pihak swasta yaitu PT. Nikko Cahaya Electric. Dengan rencana kerjasama ini diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem riset & inovasi teknologi untuk mendukung peningkatan TKDN (mencapai sekitar 60-70%) khususnya pada program KBL (kegiatan pengembangan sepeda motor listrik).

Mobile Lab MBSL-2 BPPT

 PTIP  berkontribusi terhadap penanganan COVID19 dengan menurunkan personil terbaiknya ke dalam tim Mobile Lab Bio Safety Level 2 bersama Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Covid19. Mobile lab BSL -2 ini tengah dibangun di fasilitas BPPT, yakni di Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur.  Pembangunan mobile  Lab ini telah dioperasikan di Rumah Sakit TNI AD Ridwan Meuraksa, Pinang Ranti, Jakarta Timur.  

Mobile lab BSL-2 ini telah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang dilengkapi sejumlah peralatan yang mendukung pemeriksaan swab Covid-19 antara lain, peralatan PCR untuk tes swab Covid-19, biosafety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis. Swab Test ini penting untuk memetakan penyebaran positif Covid-19 di Indonesia. 

 

Laboratorium mobile ini dapat menjangkau berbagai daerah, untuk memudahkan pelaksanaan uji PCR dalam rangka penanganan COVID19Indonesia . Mobile lab BSL 2 ini juga telah mengikuti standar WHO yang dilengkapi sejumlah peralatan untuk mendukung pemeriksaan swab Covid-19 antara lain: peralatan PCR untuk tes swab Covid-19, bio-safety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis.  Kepala BPPT juga menyampaikan bahwa saat ini BPPT tengah menyiapkan mobile lab BSL-2 yang lainnya untuk didistribusikan ke daerah daerah di Indonesia. 

Kunjungan Menristek ke PTIP

Pada hari Jumat, tanggal 15 November 2019 Lab Delphi PTIP menerima kunjungan Menristek dan Ka. BRIN Bapak Prof. Bambang Brodjonegoro untuk melihat fasilitas Lab Delphi di BPPT, Serpong. Bapak Menristek berkesempatan untuk melihat fasilitas yang dimiliki oleh TIRBR antara lain Mesin CNC 5 Axix, Dies Maker Kafo serta Alat 3D Scanbox serta Motor Listrik.

Direktur PTIP menjelaskan beberapa peralatan di Delphi sebagai sarana prototyping pengembangan peralatan di BPPT dan memperlihatkan beberapa produk manufaktur bidang permesinan yang telah berhail mencapai inovasi antara seperti Motor Lilstrik kapasitas 160 KW dan 250 KW untuk Kapal, komponen propeller kapal, Turbin . Selain pula sempat dijelaskan terkait dengan kegiatan inovasi pembanguna pabrik Gula Glenmore yang ditayangkan dalam bentuk Video yang berdurasi selama 1 menit.

 

Menteri Riset dan Teknologi meminta fokus mendorong penguasaan teknologi, salah satunya adalah pentingnya peningkatan kompetitif pada industri manufaktur dan penguasaan teknologi khususnya teknologi manufaktur dan teknologi permesinan.

 

 

 

More Articles ...

Page 1 of 5