Kunjungan PTIP di PT Wikon dan PT. Wima dalam rangka kerjasama mendukung Flagship KBL

Kamis – Jum’at, 23-24 Juli 2020

Dalam rangka menjalin kerjasama dan bersinergi dengan mitra industri untuk mendukung pengembangan program kendaraan listrik berbasis baterai (Flagship KBL), staff PTIP melakukan kunjungan kerja ke WIKA Group yaitu PT. WIKA Industri Konstruksi (WIKON) dan PT.WIKA Manufaktur (WIMA). Dalam kunjungan kerja ini diikuti staff PTIP diantaranya Dr. Cuk Supriyadi Ali Nandar, ST., M.Eng.; Arifin,S.T.,M.T; Khamda Herbandono, ST., M.T.; Faisal,S.T.,M.T.; Budi Noviyantoro Fadjrin, S.T; dan Arga Iman Malakani,S.T.

Kunjungan kerja ini dibagi menjadi dua hari. Pada hari pertama dilakukan pembahasan MoU antara BPPT dengan PT.WIKA Industri Konstruksi (WIKON) di Kantor Pusat WIKON. Pada pembahasan ini dibahas beberapa pasal yang terdapat di dalam draft MoU termasuk Ruang Lingkup MoU antara BPPT-WIKON. Selain itu dalam pembahasan teknis dibahas juga potensi pengembangan sistem/komponen dalam Sepeda Motor GESITS antara PTIP-BPPT dengan WIKON seperti pengembangan Sistem Propulsi (Motor Traksi), Sistem Pengereman (Brake System), dan Suspensi.

 

Pada hari kedua, dilakukan kunjungan kerja ke Pabrik PT. WIKA Industri Konstruksi (WIKON) dan PT.WIKA Manufaktur (WIMA) untuk melihat fasilitas produksi dari Sepeda Motor GESITS. Pada kunjungan kerja ini diberikan akses untuk melihat fasilitas dan proses produksi komponen seperti chasis dan body dari Sepeda Motor GESITS yang diproduksi oleh WIKON. Selanjutnya diteruskan ke Pabrik WIMA untuk melihat proses assembly dan produk dari Sepeda Motor GESITS. Selain itu kami juga diberikan kesempatan untuk melihat produk motor traksi BLDC yang telah dikembangkan oleh WIMA dengan pihak swasta yaitu PT. Nikko Cahaya Electric. Dengan rencana kerjasama ini diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem riset & inovasi teknologi untuk mendukung peningkatan TKDN (mencapai sekitar 60-70%) khususnya pada program KBL (kegiatan pengembangan sepeda motor listrik).