CAPAIAN KEGIATAN PTIP-2020 (Mobile Lab)

CAPAIAN KEGIATAN PTIP-2020 (Mobile Lab)

Wabah pandemi virus SarsCoV-2 atau yang lebih dikenal sebagai covid-19 masih berlangsung hampir di seluruh negara. Kurva peningkatan kasus positif belum menunjukkan tanda-tanda akan mendatar (flatten curve). Tercatat sudah lebih dari 12.438 orang di Indonesia terkonfirmasi positif (per 7/5), dan untuk kasus di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 3,82 juta orang. Tentu kondisi ini memerlukan tindakan pencegahan yang terukur dan cepat, kebijakan yang tepat, dan sinergi dalam berkolaborasi untuk Bersat Melawan Covid-19 dengan menghasilkan terobosan solusi untuk mendeteksi dan menangani wabah virus korona ini di Indonesia. Menyikapi kondisi pandemi yang terjadi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia (BPPT RI) yang memiliki tugas dan fungsi sebagai Penyelenggara Iptek (UU Sinas)No.11/2019) melaksanakan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (litbangjirap) ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan inovasi.

Inovasi teknologi dari Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Untuk Penanganan COVID19 yang memanfaatkan potensi lokal, dimana kita tidak bisa bergantung dengan impor terus. Bahkan seharusnya ini menjadi kekuatan ekonomi baru Indonesia. Pembangunan Mobile Lab Bio Safety Level-2 (BSL-2) untuk memperkuat ekosistem inovasi penanganan Coronavarius. Mobile BSL-2 ini pun telah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Laboratorium BSL-2 dilengkapi sejumlah peralatan yang mendukung pemeriksaan swab Covid-19, antara lain peralatan PCR untuk tes swab Covid-19, biosafety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis. Dengan adanya Mobile lab BSL-2 ini, yang merupakan wujud inovasi BPPT melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Covid-19 (TFRIC-19)

Capaian Kegiatan BPPT pada tahun 2020 telah berhasil membangun Laboratorium Keamanan Level 2 (Bio-Safety Level 2) versi pertamanya yaitu mobile dengan bangunan dasar kontainer yang dioperasikan di di RS. Moh. Ridwan Meuraksa, Versi kedua BSL-2 trailer untuk kemudahan mobilisasi pernah dioperasikan Operasional di RS. Pertamina, Plaju dan RS. Putri Hijau, Medan. Dan versi ketiganya BSL-2 Bus mampu menggantikan. Mobile BSL-2 versi Bus dilepas oleh Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Nasional dan Kepala BPPT pada 16 Desember 2020. Selanjutnya Peresmian kegiatan pengujian sample swab di UGM-Yogyakarta oleh Menristek/BRIN dan Kepala BPPT. Pada Tanggal 23 dan 27 Desember dilakukan pengujian sampel swab di Bandara Ngurah Rai - Bali  dan RS.UNIPDU -Jombang, Jawa Timur.