Layanan

Pengukuran Lapangan:

 

Kunjungan ke lokasi dalam rangka pengumpulan/ pengukuran data dan informasi lokasi yang sangat berguna bagi penilaian kondisi fisik pantai secara umum. Parameter gelombang, pasang surut, arus, sedimentasi, topografi darat dan bathimetri.

 

Simulasi Pemodelan:

 

Langkah pemodelan ditempuh untuk keprluan verifikasi dan validasi disain, sehingga dapat menggambarkan secara nyata kondisi yang akan terjadi pada waktu disain dibangun. Terdiri dari pemodelan numerik dan pemodelan fisik

 

Rekayasa Struktur Bangunan Pantai:

 

Penyusunan desain dasar (basic design) hingga detail engineering design (DED) untuk konstruksi bangunan pantai meliputi kajian tentang stabilias, tata letak dan kekuatan struktur bangunan pantai seperti dermaga, jetty, groin dan sebagainya terhadap serangan gelombnag, perubahan profil dasar laut, dll. Dalam kajian ini juga termasuk perancangan material struktur bangunan pantai yang efisien.

 

Proses dan Morfologi Pantai:

 

Kajian dan rekomendasi penanganan fenomena yang terjadi di pantai. Misal proses sedimentasi pada muara sungai yang dapat mempengaruhi perilaku pantai dan morfologi pantai secara keseluruhan, penyebab utama erosi atau sedimentasi baik besar maupun arahnya secara kualitatif dan kuantitatatif beserta alternatif pemecahnya.

 

Lingkungan Pantai:

 

Prevensi dan solusi penangann penyebab/pencemaran pantai. Mencakup studi interdisipliner lingkungan pantai untuk menilai kondisi fisik-sosial suatu wilayah pantai, identifikasi permasalahan dan alternatif pemecahan dengan menerapkan telknologi GIS (Sitem Informasi Geografis).

 

Penataan Kawasan Pantai:

 

Kajian rekkomendasi dan desain penataan dan pengelolaan kawasan pantai. Termasuk di dalamnya adalah rekomendasi reklamasi yang menjaga konservasi lingkungan hingga pengembangan wisata pantai.

 

Kajian Bencana Pantai:

 

Kajian dan rekomendasi penanganan/prevensi bencana, tsunami, banjir, naiknya permukaan laut, dll. serta rekomendasi penerapan model rekayasa alternatif teknologi yang sesuai karakteristik masing-masing wilayah pantai.

 

Pembinaan Komunitas:

 

Layanan sosial untuk pemasyaraktan teknologi pantai sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility kepada tokoh masyarakat, LSM, pimpinan daerah, akademisi hingga asosiasi profesi.

 

Pelatihan:

 

Layanan jasa pelatihan pemodelan penggunaan alat, pengukuran lapangan dan program alih teknologi di bidang teknologi pantai.